MODUL SMP/MTs KELAS VIII

SISTEM PENCERNAAN

Petunjuk Penggunaan

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terpadu merupakan salah satu mata pelajaran wajib dalam kurikulum SMP/MTs sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Mata pelajaran ini sebenarnya terdiri dari Mata Pelajaran Biologi, Fisika, dan Kimia yang dijadikan satu menjadi IPA Terpadu. IPA Terpadu diajarkan pada SMP/MTs kelas VII, VIII, dan IX yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi bagaimana proses-proses dan kejadian yang terdapat di alam sekitar. Melalui mata pelajaran ini siswa-siswi akan mendapat kesempatan untuk mengkaji berbagai teori, proses, dan peristiwa yang terjadi di alam termasuk dalam diri manusia sendiri.

Agar tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat dikuasai oleh para siswa, sebaiknya siswa-siswi diminta mempelajari modul secara berurutan, dimulai dengan modul pertama, kemudian modul kedua, dan seterusnya. Mintalah para siswa untuk mempelajari modul secara lengkap mulai dari penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan tes formatif untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran dan penguasaan siswa-siswi terhadap materi yang disajikan dalam modul. Mintalah para siswa untuk membuat catatan-catatan kecil bila menemukan materi yang belum jelas untuk kemudian ditanyakan kepada guru pada kesempatan tatap muka. Dengan demikian siswa-siswi dapat menguasai modul ini dengan lebih baik lagi. SELAMAT BELAJAR.

Standar Kompetensi (SK)

Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar (KD)

Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada kegiatan belajar ini adalah sebagai berikut:

  1. Siswa dapat mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya.
  2. Siswa dapat membandingkan pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi.
  3. Siswa dapat membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun organ sistem pencernaan pada manusia.
  4. Siswa dapat menyebutkan contoh penyakit dan gangguan pada sistem pencernaan manusia yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kegiatan Belajar 1

ZAT-ZAT MAKANAN

Makanan adalah substansi yang dimasukkan ke dalam tubuh dengan tujuan antara lain; menyediakan bahan yang penting untuk pembentukan protoplasma baru atau mengganti protoplasma yang rusak; menyediakan energi yang sangat penting untuk bermacam-macam aktivitas tubuh; dan menyediakan substansi esensial untuk pengaturan fungsi sel, alat tubuh atau tubuh secara keseluruhan (Wulangi, 1993). Beberapa zat makanan yang penting yaitu karbohidrat, protein, lemak, garam mineral, dan vitamin.

1.      Karbohidrat

Sumber karbohidrat antara lain; beras, jagung, beras gandum, kentang, ubi-ubian, buah-buahan, dan madu. Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi. Tubuh manusia menyimpan karbohidrat di organ hati dan otot. merupakan senyawa kompleks yang tersusun dari unsur C, H, dan O sebagai bahan pembentuk gula sederhana dan gula yang kompleks.

2.      Protein

Protein antara lain diperoleh dari daging hewan, susu, ikan, telur, dan keju. Sedangkan protein dari tumbuhan diperoleh dari biji-bijian. Fungsi utama protein adalah sebagai komponen struktural dan fungsional.

3.      Lemak

Lemak merupakan sumber energi yang menghasilkan kalori paling besar bagi tubuh. Sumber lemak hewani adalah  lemak daging, mentega, susu, ikan basah, telur, minyak ikan, sedangkan sumber lemak nabati adalah; kelapa, kemiri, kacang-kacangan, alpukat, dan lain-lain. Lemak berfungsi sebagai sumber dan cadangan energi.

4.      Garam mineral

Garam mineral dibutuhkan secara sendiri-sendiri maupun kelompok. Masing-masing mempunyai peranan tertentu di dalam tubuh. Beberapa contoh penyakit kekurangan mineral antara lain:

  1. Kekurangan Ca (kalsium): darah sukar membeku, kejang otot gangguan penulangan.
  2. Kekurangan I (iodium): menderita gondok.

5.      Vitamin 

Vitamin merupakan molekul organik yang diperlukan makanan dalam jumlah yang sangat kecil. Akan tetapi, defisiensi vitamin dapat menyebabkan permasalahan berat. Terdapat dua kelompok vitamin, vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak (Campbell, 2004).

Vitamin yang larut dalam air meliputi vitamin B kompleks dan vitamin C. Vitamin yang larut dalam lemak adalah A, D, E, dan K. Adapun fungsi dari vitamin-vitamin tersebut adalah (Campbell, 2004):

  1. Vitamin B kompleks berfungsi sebagai koenzim dalam proses metabolik penting.
  2. Vitamin C diperlukan untuk sintesis jaringan ikat.
  3. Vitamin A digabungkan dengan pigmen penglihatan pada mata.
  4. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan pembentukan tulang
  5. Vitamin E bersama-sama vitamin C melindungi fosfolipid dalam membran dari oksidasi.
  6. Vitamin K diperlukan untuk penggumpalan darah.

Rangkuman

  1. Zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia antara lain; karbohidrat, protein, lemak, garam mineral, dan vitamin.
  2. Masing-masing zat makanan memiliki fungsinya masing-masing dan sangat dibutuhkan dalam tubuh manusia baik dalam jumlah yang banyak maupun sedikit.
  3. Sumber karbohidrat misalnya beras dan jagung; sumber protein misalnya daging hewan dan biji-bijian; sumber lemak misalnya mentega dan kacang-kacangan; sumber mineral misalnya garam; dan sumber vitamin pada buah dan sayuran.