Kegiatan Belajar 3

PENYAKIT DAN GANGGUAN PADA SISTEM PENCERNAAN

 1.      Parotitis

Merupakan penyakit gondong yang disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar air ludah di bagian bawah telinga akibatnya kelenjar air ludah menjadi bengkak atau membesar.

2.      Xerostomia

Adalah istilah bagi penyakit pada rongga mulut yang ditandai dengan rendahnya produksi air ludah. Kondisi mulut yang kering membuat makanan kurang tercerna dengan baik.

3.      Tukak lambung

Terjadi karena adanya luka pada dinding lambung bagian dalam. Makan secara teratur sangat dianjurkan untuk mengurangi risiko timbulnya tukak lambung.

4.      Apendisitis

Adalah penyakit infeksi pada usus buntu yang dapat merembet sampai ke usus besar dan menyebabkan radang selaput rongga perut.

5.      Diare

Diare adalah penyakit berak-berak disertai mulas dan kadang-kadang sampai muntah-muntah. Bahaya diare adalah kehilangan cairan badan terlalu banyak sehingga penderita menjadi mulas (Oswari, 1995). Diare disebabkan oleh infeksi bakteri maupun protozoa pada usus besar. Karena infeksi tersebut, proses penyerapan air di usus besar terganggu, akibatnya feses menjadi encer.

6.      Konstipasi

Konstipasi atau pengeluaran isi perut yang sukar, mempunyai banyak sebab. Kemungkinan diitnya kekurangan lemak, air, buah-buahan, atau sayuran; kesalahan latihan pengosongan isi perut pada anak-anak atau tidak menaati kebutuhan alamiah dan buang air; dan sebagainya. Konstipasi juga dapat bersamaan dengan gangguan pencernaan, atau spastisitas kolon, adanya tumor atau sebab obstruksi lain (Pearce, 1985).

Rangkuman

  1. Contoh penyakit dan gangguan sistem pencernaan manusia antara lain; parotitis, xerostamia, tukak lambung, apendisitis, diare, dan konstipasi.
  2. Penyakit dan gangguan ini dapat dicegah dengan cara melakukan pola hidup yang sehat.